Wednesday 28 November 2012

Hubungan antara Masyarakat Kota dan Masyarakat Pedesaan

Masyarakat kota dan desa memiliki sifat dan cara hidup yang berbeda. Tetapi, masyarakat kota dan desa memiliki hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak atau sering di sebut juga Simbiosis Mutualisme.

Masyarakat Kota atau juga di sebut masyarakat modern adalah masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban masa kini. Pada umumnya kita tau masyarakat modern tinggal di daerah perkotaan, sehingga di sebut masyarakat kota.

Masyarakat Desa atau orang jawa menyebutkannya wong ndeso adalah masyarakat yang kehidupan adatnya masih banyak di kuasai oleh adat istiadat lama. Adat adalah suatu aturan yang sudah mantap dan mencangkup segala konsepsi sitem budaya yang mengatur tindakan atau perbuatan  manusia dalam kehidupan sosial hidup bersama, bekerja sama dan berhubungan erat secara tahan lama, dengan sifat-sifat yang hampir seragam.

Seperti pernyataan di atas, masyarakat kota dan desa memiliki hubungan yang saling menuntungkan. contonnya, yaitu: seorang petani/peternah dengan seorang pengusaha fast food. fast food memebutuhkan bahan makanan yang fresh. Petani/peternak memberikan bahan makanan ke pengusaha fast food, dan pengusaha fast food mendapat untung dari olahan bahan makanan dari petani/petrnak. Dan petani/peternak juga mendapat untung dari hasil penjualan bahan makanan tersebut.

Jadi, masyarakat kota dan desa itu saling berketergantungan. Masyarakat Kota bergantung pada masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, yaitu: pangan (beras, sayur-mayur, buah-buahan, daging, susu, dll). dan membutuhkan pekerja rumah tangga (pembantu, tukang kebun, supir) Dan begitu pun Masyarakat Desa membutukan masyarakat kota. Masyarakat desa memerlukan sandang (pakaian), alat modern untuk mempermudah pekerjaan petani/peternak, obat-obatan dan alat medis yang lengkap, dll.

Tetapi banyak masyarakat kota sekarang yang menganggap remeh masyarakat desa, karena masyarakat desa tidak begitu mengerti dan gak update mengenai teknologi.  Padahal kalau ga ada ada petani/peternak, masyarakat kota mau makan apa? Dan begitu pun sebaliknya, masyakat desa selalu memandang negatif kepada masyarakat kota karena kehidupannya yang sudah modern. Padahal, kehidupan modern juga membantu petani/petrnak mempermudah perkerjaan dengan alat-alat modern. nahhh... Jadi kita sebagai masyarakat kota harus menghargai masyarakat desa dan sebaliknya.

1 comment: